Dari Papua Barat untuk Indonesia

Albert Einstein pernah mengungkapkan bahwa satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman (the only source of knowledge is experience). Alih pengalaman penyelenggaraan telemedicine di Provinsi Papua Barat inilah yang diharapkan oleh Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan. Alih pengalaman ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, ketika akan menerapkan penyelenggaraan telemedicine di wilayahnya masing-masing. Pengalaman di sini tentu saja tidak hanya yang bersifat keberhasilan atau kesuksesan, tetapi juga pengalaman yang bersifat kendala, tantangan bahkan kegagalan. Pengalaman yang bersifat negatif pun bahkan dapat menjadi tambahan pengetahuan berharga, agar dapat diambil langkah antisipatifnya, sehingga kegagalan tersebut tidak terulang atau terjadi di tempat lain.

IMG20181203170527
Narasumber, peserta dan panitia Pertemuan Sosialisasi Pelayanan Telemedicine kompak selalu.

Alih pengalaman itu dilakukan di Aston Hotel and Conference Centre Bekasi pada tanggal 3 Desember 2018 pada Pertemuan Sosialisasi Pelayanan Telemedicine. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes., memulai alih pengalaman tersebut. Dilanjutkan oleh dr. Frida Susana Wanane, Direktur RSUD Kabupaten Sorong dan dr. Fransiska Rosdiana Liling, dokter pada Puskesmas Oransbari Kabupaten Manokwari Selatan. Kepala Sub Direktorat Pelayanan Penunjang Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, dr. Asral Hasan, menyatakan, “Saya apresiasi karena Papua Barat sudah dapat menyelenggarakan telemedicine dengan cukup baik. Bahkan, sudah memasukkan telemedicine dalam rancangan Peraturan Daerah Provinsinya (klik Mengawal Kelahiran Sebuah Perdasi Kesehatan di Papua Barat). Kalau Papua Barat saja bisa, mestinya Provinsi lainpun bisa”.

IMG_7788
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyampaikan pengalaman implementasi telemedicine di Papua Barat.

Selain dihadiri oleh Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Papua Barat yang akan menjadi lokus penyelenggaraan telemedicine tahun 2019, pertemuan ini juga dihadiri oleh Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Papua. Pertemuan ini juga dihadiri oleh BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk mendukung ketersediaan koneksi internet di daerah terdepan, terluar dan tertinggal.

Picture1
BAKTI menyediakan internet untuk Indonesia yang lebih baik.

Untuk menjamin pelayanan telemedicine dapat terselenggara dengan baik di suatu wialyah, tidak hanya diperlukan ketersediaan jaringan internet, ketersediaan sumber daya manusia, ketersediaan alat kesehatan dan perangkat keras pengolah data, namun juga diperlukan komitmen pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan dan pelaku telemedicine itu sendiri. dr. Susana Wanane bahkan mengatakan, “Para dokter spesialis pengampu telemedicine di RSUD Kabupaten Sorong bahkan sudah menyediakan waktunya apabila fasilitas kesehatan yang diampu ingin chat mendiskusikan kasus-kasus yang dimintakan expertise-nya”.

IMG_7804
Direktur RSUD Kabupaten Sorong sedang berbagi pengalaman sebagai Rumah Sakit Pengampu.

Semoga pembelajaran yang dipetik dari Papua Barat dalam menyelenggarakan telemedicine sejak tahun 2017 (klik Mari ber-Tele-Tele, tapi Jangan Bertele-tele, Puskesmas Oransbari Kembangkan TeleEKG, Selangkah Lebih Dekat dalam Penerapan Telemedicine di Papua Barat, Telemedicine : Memperkuat Sistem Pelayanan Kesehatan DTPK di Papua Barat, Papua Barat Perkuat Sistem Kesehatan Bersama UGM) dapat menginspirasi provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

 

-DoVic 041218-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: