Arti Sebuah Penghargaan

Sejumlah lima puluh tiga Piagam Penghargaan diserahkan pada saat pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Papua Barat Tahun 2019. Rakerkesda ini dilaksanakan di Hotel Royal Mamberamo, Kota Sorong pada tanggal 25-27 Maret 2019.

Dua puluh penghargaan diberikan kepada insan pers atas kontribusinya sebagai media yang turut membantu melakukan diseminasi, sosialisasi, edukasi dan kritik membangun dalam pelaksanaan serta pencapaian target kampanye Measles Rubela (MR) Provinsi Papua Barat tahun 2018 (klik “Congrats … Papua Barat!”). Bukan hanya media cetak dan media elektronik mainstream yang diberikan piagam penghargaan, tetapi juga media on line.

Selanjutnya, dua puluh tiga Piagam Penghargaan diserahkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan kepada sejumlah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Kabupaten dan Puskesmas. Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Manokwari menerima jumlah Piagam Penghargaan terbanyak, yaitu sebanyak enam buah. Diikuti oleh Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Bintuni masing-masing menerima empat Piagam Penghargaan, Kabupaten Tambrauw menerima tiga Piagam Penghargaan, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Sorong Selatan masing-masing menerima dua Piagam Penghargaan serta Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kota Sorong masing-masing menerima satu Piagam Penghargaan. Selain itu, RSUD Kabupaten Sorong menerima satu Piagam Penghargaan. Pemberian penghargaan ini tentunya atas dasar yang objektif yang dinilai oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

IMG-20190327-WA0111
Penyerahan Piagam Penghargaan Gubernur Papua Barat kepada jajaran kesehatan.

Menanggapi enam buah Piagam Penghargaan yang diterimanya, Martin Ubra, SKM, M.Kes., Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak menyatakan, “Pemberian penghargaan ini memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab. Langkah selanjutnya kami harus meningkatkan kerja sama lintas program dan lintas sektor, memiliki komitmen dan integritas yang tinggi dalam melakukan pelayanan dan perlu dilakukan pembinaan, pengawasan dan evaluasi.”

Sementara itu, setelah menerima Piagam Penghargaan atas keaktifan penyelenggaraan telemedicine sebagai pelaksanaan Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2017, Direktur RSUD Kabupaten Sorong, dr. Frida Susana Wanane mengatakan, “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemda Provinsi Papua Barat untuk pelayanan telemedicine di RSUD Kabupaten Sorong. Pelayanan terbaik akan terus kami berikan. Selanjutnya, teleconference menjadi harapan kami untuk mendapat informasi medis ter-update bagi tenaga medis dan paramedis RSUD.” (klik Dari Papua Barat untuk Indonesia)

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, drg. A.M.H. Tri Ratnawati, MPH, ketika ditemui penulis, setelah menerima Piagam Penghargaan atas capaian tertinggi persentase keluarga yang dikunjungi dan diintervensi awal serta pembinaan terbaik dalam Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga tahun 2017-2018 menyatakan (klik Berpacu dalam Menjangkau 100% Sasaran), “Rasanya nano-nano, … seperti rasa permen, … manis, asem, asin katanya. Bangga sekaligus sedih. Bangga karena dengan keterbatasan kami di Puskesmas yang terpencil maupun sangat terpencil, baik oleh karena sulitnya akses, kurangnya pembiayaan dan kurangnya jumlah maupun mutu sumber daya manusia, tetapi kami dapat melaksanakan pendataan PIS PK di Kaimana. Bangga karena kini kami mempunyai data riil status kesehatan penduduk di Kaimana.”

“Tetapi kebanggaan kami itu tidak lama. Karena rasa kemudian yang muncul adalah sedih, karena data PIS PK itu bukan hanya total coverage penduduk saja, tetapi justru kami melihat hasilnya yang masih di bawah harapan. Membuat kami berpikir bahwa pekerjaan rumah kami sangat besar. Indeks Keluarga Sehat (IKS) Kaimana yang masih belum mencapai target, meskipun itu adalah Standar yang sudah Paling Minimal. Artinya, masih banyak masyarakat Kaimana yang belum merasakan apa itu jamban sehat, apa  itu air bersih atau jumlah peserta Keluarga Berencana yang masih sedikit, sehingga angka kelahiran dengan risiko tinggi cukup tinggi, angka kematian ibu dan bayi masih banyak terjadi. Bahwa penduduk di daerah terpencil itu sangat membutuhkan uluran tangan kita dalam hal pelayanan kesehatan,” sambung drg. Ratna.

Mengakhiri tanggapannya drg. Ratna menyatakan, “Dari semua “rasa-rasa” itu, kami berkesimpulan bahwa tanggung jawab kami sangat besar untuk membuat masyarakat sehat. Berpikir untuk planning program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, berdasarkan aspirasi mereka. Berpikir bagaimana kami harus semakin mendekatkan akses pelayanan pada masyarakat. Mengubah cara berpikir mereka tentang kesehatan, dan itu semua harus dikerjakan oleh seluruh tenaga kesehatan yang bekerja sama dengan masyarakat dengan sepenuh hati dan dijalankan dengan kasih. Harapan dan semangat itu masih ada.”

Pada hari kedua Rakerkesda, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyerahkan Sertfikat Akreditasi Puskesmas kepada sepuluh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Sertifikat ini adalah pengakuan dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atas peningkatan mutu pelayanan di lima belas Puskesmas di Provinsi Papua Barat tahun 2018 (klik Daftar Itu Bertambah Panjang).

IMG-20190326-WA0043
Penyerahan sertifikat yang lain, Sertifikat Akreditasi Puskesmas, kepada 10 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Semoga Piagam Penghargaan dan Sertifikat yang diberikan ini tidak hanya mengapresiasi kinerja para penerimanya, tetapi juga memacu dan memotivasi  yang belum menerimanya.

 

-DoVic 260319-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: