Akreditasi Bukan Pesta Kembang Api!

Ketika Puskesmas hendak menyongsong sebuah survei akreditasi dilakukanlah sejumlah persiapan sejak jauh-jauh hari. Puskesmas membentuk Pokja-Pokja. Mereka berbagi tugas. Semuanya sibuk. Seringkali masing-masing Pokja sibuk dengan urusannya sendiri. Urusan Pokja lain, bukanlah menjadi urusannya. Pihak-pihak lain dihubungi dan diajak sibuk pula. Gedung Puskesmas dan lingkungannya diperindah. Segala sesuatunya ditata sebaik dan sebersih mungkin. Menjelang survei akreditasi, intensitas kesibukan meningkat luar biasa. Dua puluh empat jam sehari, kalau bisa ditambah menjadi tiga puluh jam; tujuh hari dalam seminggu, kalau bisa ditambah menjadi sepuluh hari, karena masih kurangnya waktu persiapan menjelang hari H (klik Re-akreditasi Puskesmas: “Waduh, Pulang Pagi Lagi!”). Banyak hal disulap dalam waktu sekejap.

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Surveior datang. Kegiatan Opening Meeting dilalui dengan penuh ketegangan dan harap-harap cemas. Proses survei akreditasi tiga hari dijalani dengan berbagai macam perasaan yang bercampur aduk. Akhirnya, tiba waktunya dilaksanakan Exit Conference. Perasaan lega muncul tiba-tiba. Penderitaan serasa telah berakhir. Sorak gembira diteriakkan. Lambaian tangan menghantar kepergian para surveior.

“Setelah kabar kelulusan diberitahukan atau Sertifikat Akreditasi diterima, maka Puskesmas mengadakan syukuran. Pokja-Pokja dibubarkan. Dan segala sesuatunya kembali seperti sediakala. Akreditasi dianggap sebagai sebuah Pesta Kembang Api. Setelah pesta berakhir, maka berakhir pula segalanya. Puskesmas tertidur. Maka tidak heran, menjelang survei re-akreditasi tiga tahun berikutnya, sulit untuk mengangkatnya kembali,” ucap drg. Farichah Hanum, M.Kes., Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan dalam suatu kesempatan.

IMG-20190706-WA0106
Para jawara mutu pelayanan kesehatan di FKTP.

Kesempatan yang dimaksud adalah Rapat Kerja Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang diselenggarakan di Hotel Internasional Bandara, Jakarta pada tanggal 3-6 Juli 2019. Rapat kerja ini menghadirkan para pejabat eselon 3 dan 4 yang mengampu mutu dan akreditasi FKTP dari Dinas Kesehatan Provinsi seluruh Indonesia serta perwakilan TNI/POLRI. Dalam rapat kerja ini dibahas berbagai isu yang berkenaan dengan akreditasi FKTP, utamanya akreditasi Puskesmas. Dalam diskusi kelompok yang dibagi dalam lima kelompok, dibahas (1) Bagaimana bentuk konkrit sinergi antara Pusat, Daerah dan Komisi Akreditasi FKTP dalam meningkatkan mutu di FKTP dengan standar dan instrumen yang ada sekarang maupun yang baru nanti, dan (2) Bagaimana strategi Daerah agar bisa konsisten dengan roadmap/usulan survei akreditasi yang sudah disepakati oleh Kementerian Kesehatan menghadapi survei akreditasi yang semakin menumpuk menjelang Desember 2019.

IMG-20190706-WA0034
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat menyampaikan hasil diskusi kelompok IV.

Rapat kerja empat hari ini juga diwarnai berbagai masukan dari peserta terhadap Standar dan Instrumen Akreditasi Edisi 1 atau SIAPone (klik SIAPone Siap Mendarat!). SIAPone yang oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dijuluki sebagai the next level of Standar Akreditasi Puskesmas ini diharapkan lebih dapat merubah wajah Puskesmas di Indonesia secara lebih signifikan dan berkesinambungan. Beberapa masukan adalah yang terkait dengan (1) Apakah performa Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten/Kota juga menjadi salah satu Kriteria (1.1.5) yang masuk dalam penilaian, (2) Kapan sebaiknya SIAPone mulai diberlakukan, dan (3) Apa saja yang perlu dilakukan Pusat dan Daerah menjelang penerapan SIAPone.

IMG-20190705-WA0217
Kami siap mengawal the next level of Standar Akreditasi Puskesmas.

Rapat kerja Komisi Akreditasi FKTP tahun 2019 telah berakhir, namun tugas belumlah usai. Sambil berbagai pihak berupaya mengubah paradigma Akreditasi Puskesmas bagaikan Pesta Kembang Api, sambil pula kita menyiapkan diri menyongsong pemberlakuan the next level of Standar Akreditasi Puskesmas.

 

-DoVic 080719-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: