Bergeser Ke Arah Yang Benar

Dalam paparannya, Dr. dr. Trihono, M.Sc. dari Health Policy Unit, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan yang disampaikan kepada peserta Worshop PIS PK yang berlangsung di Crowne Plaza Hotel, Jakarta (klik PIS PK Memetakan Medan Perang Pelayanan Kesehatan Puskesmas) menyajikan slide-slide berisikan Analisis Lanjut PIS PK di Indonesia. Salah satunya memuat analisis kecenderungan status Keluarga Sehat. Dikatakan pergeseran positif, bila proporsi Keluarga Sehat meningkat dan proporsi Keluarga Tidak Sehat menurun.

Pada analisis data cakupan kunjungan keluarga dari bulan September 2018 sampai dengan Juni 2019, proporsi Keluarga Sehat Provinsi Papua Barat meningkat dari 13,06% menjadi 13,29%, sedangkan proporsi Keluarga Tidak Sehat menurun dari 24,41% menjadi 23,18%. Dengan demikian, fakta tersebut menempatkan Provinsi Papua Barat bersama dua puluh Provinsi lainnya berada pada pergeseran positif, pergeseran yang benar. Suatu hasil analisis yang menggembirakan.

Namun, dengan cakupan kunjungan keluarga dan intervensi awal yang datanya sudah diinput pada aplikasi Keluarga Sehat yang baru mencapai 17,8% (per Juli 2019) dan 18,7% (per September 2019), hasil analisis di atas bisa saja berbalik arah, menjadi pergeseran negatif. Mengapa bisa demikian? Karena mungkin saja data-data yang akan diinput dalam aplikasi Keluarga Sehat berikutnya berasal dari wilayah kerja Puskesmas yang terkategori terpencil dan sangat terpencil di mana diasumsikan banyak Keluarga Tidak Sehat.

“Dari 159 Puskesmas yang teregistrasi di Provinsi Papua Barat, 142 di antaranya sudah mengikuti Pelatihan Keluarga Sehat dan sebagian sudah menjalankan kunjungan keluarga dan intervensi awal. Tujuh belas Puskesmas yang masih belum dilatih akan dilatih oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dalam tiga angkatan pelatihan. Masing-masing satu Puskesmas di Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Manokwari Selatan, tiga Puskesmas di Kabupaten Sorong, empat Puskesmas di Kabupaten Teluk Bintuni dan tujuh Puskesmas di Kabupaten Maybrat,” kata dr. Victor Eka Nugrahaputra, M.Kes., Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

“Dengan semakin banyak Puskesmas yang sudah dilatih dan mengimplementasikan PIS PK, diharapkan target cakupan data kunjungan keluarga yang diinput dalam aplikasi Keluarga Sehat dapat mendekati target yang sudah ditetapkan, yaitu 50% pada akhir triwulan 3 dan 75% pada akhir triwulan 4 tahun 2019. Bulan depan, akan dilaksanakan pertemuan di Manokwari yang mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dari lintas Bidang untuk mengevaluasinya,” lanjut dr. Victor.

Harapan selanjutnya adalah Puskesmas melakukan intervensi lanjut. “Sayangnya belum banyak Puskesmas yang sampai pada tahap intervensi lanjut. Dari data yang kami dapatkan, di luar Kabupaten Maybrat dan Kabupaten Pegunungan Arfak yang belum menyampaikan laporannya, baru 19 (13%)  dari 142 Puskesmas yang sudah melaksanakannya. Diperlukan pembinaan kontinyu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk percepatannya,” harap dr. Victor.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana  untuk menyelenggarakan Pertemuan Percepatan dan Penguatan PIS PK dengan APBD-nya. Pertemuan yang dilaksanakan pada tanggal 9-10 September 2019 menghadirkan seluruh Kepala dan pengelola PIS PK Puskesmas di Kaimana. Pertemuan itu dihadiri pula oleh dr. Siti Ramlah Saifoeddin, MPH., Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer pada Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dengan pembinaan berkala seperti di atas, bisa dijamin pergeseran positif akan tetap dapat diteruskan. Bagi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang belum melakukan perannya secara optimal, diharapkan segera mengambil langkah-langkah strategis.

 

-DoVic 200919-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: