Hoax: Puskesmas Ajangale (Kab. Bone) Kaji Banding ke Papua Barat

Bagi pembaca setia blog Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat mestinya bukan pertama kali membaca nama Puskesmas Ajangale. Ya, nama Puskesmas ini pernah muncul sebelumnya (klik Dari Dasar Menjadi Paripurna. Bisakah? Perlukah?). Kali ini Kepala Puskesmas Ajangale Kabupaten Bone datang ke Manokwari, ibukota Provinsi Papua Barat. Tepatnya diundang oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. Bukan untuk kaji banding, tetapi untuk sharing pengalaman kepada peserta Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) Tingkat Provinsi Papua Barat Tahun 2019.

IMG-20191205-WA0051dr. A. Zaenal Syahid, yang baru menjabat sebagai Kepala Puskesmas Ajangale selama enam bulan, berbagi pengalaman bagaimana membawa Puskesmasnya dari akreditasi Dasar berhasil meraih akreditasi Paripurna dan bagaimana melaksanakan PIS PK dengan inovasi-inovasi yang meningkatkan Indeks Keluarga Sehat (IKS). Para peserta Pertemuan Penguatan PIS PK yang diselenggarakan di Swiss-belHotel Manokwari pada tanggal 9-11 Desember 2019 tersebut sangat antusias mengikuti paparan dr. Zaenal. “Saya sangat bersyukur diundang ke Papua Barat, berbagi dengan teman-teman dari berbagai daerah. Di samping bisa menambah wawasan, sekaligus bisa menambah pertemanan. Dapat bertemu dengan orang-orang hebat dari Papua Barat tentu merupakan pengalaman baru dan berharga bagi saya. Saya sendiri masih terus belajar dan mengasah kemampuan, supaya apa yang telah didapatkan oleh Puskesmas Ajangale sebagai Puskesmas dengan status akreditasi Paripurna dapat terus kami pertahankan,” kata dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Makassar tahun 2012 ini.

Walaupun baru memimpin Puskesmas Ajangale belum genap setahun, tapi Penghargaan Terbaik Kedua Lomba Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bone serta Penghargaan dari Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan telah diraihnya (klik Surprise!!). Predikat sebagai Puskesmas Terakreditasi Paripurna telah menjadi daya tarik bagi puluhan Puskesmas dari tujuh Provinsi untuk mengunjungi Puskesmas Ajangale. Kurang lebih tujuh puluhan Puskesmas dari Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo, Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Jambi telah berkunjung.

Walaupun, keberhasilan Puskesmas Ajangale bukan karena kerja satu orang saja, namun juga tidak lepas dari leadership Kepala Puskesmasnya. Semoga kehadiran dr. A. Zaenal Syahid dapat memotivasi dan mendorong lahirnya Kepala-Kepala Puskesmas di Provinsi Papua Barat dengan kepemimpinan yang kuat dan inovatif.

 

-DoVic 101219-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: