Webinar Bersinar

Disampaikan oleh Prof. dr. Laksono Trisnantono, MSc, PhD dari Universitas Gadjah Mada kepada delegasi Papua Barat dan Papua dua tahun yang lalu, “Kalau kita ingin memperkuat sistem kesehatan di Papua dan Papua Barat yang wilayahnya luas dan tersebar, maka hampir tidak mungkin hal tersebut dilakukan tanpa menggunakan teknologi informasi. Gunakanlah teknologi informasi misalnya melalui webinar atau telekonferensi. Ikutilah webinar-webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, UGM atau lainnya” (klik Papua Barat Perkuat Sistem Kesehatan Bersama UGM).

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pada awal tahun 2020, tepatnya 14 Januari, Dinas Kesehatan Provinsi dapat mengikuti webinar yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Memang, ini bukan webinar pertama, sebelumnya sudah pernah, misalnya webinar dalam rangka monitoring pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK). Namun, webinar kali ini didukung dengan fasilitas audio visual dan koneksi internet yang lebih memadai. Ini merupakan concern Sub Bagian Program, Informasi dan Humas Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat. Webinar awal tahun ini dihadiri oleh Direktur RSUD Kabupaten Teluk Wondama, Direktur RS Pratama Warmare Kabupaten Manokwari dan beberapa jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat.

Webinar dibuka oleh Ketua Eksekutif KARS, Dr. dr. Sutoto, M.Kes. dan dilanjutkan oleh paparan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS. tentang Strategi Nasional Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Selanjutnya, Sekretaris Eksekutif KARS memandu diskusi panel yang menghadirkan Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc, MPH, Ph.D dari Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, FK-KMK, UGM dan Prof. Dr. Nasronudin, dr., Sp.PD, K-PTI, FINASIM selaku Direktur Rumah Sakit Pendidikan Universitas Airlangga. Ketiga materi paparan bisa didapatkan melalui link di bawah tulisan ini.

images (81)Prof. Adi Utarini menjelaskan, “Sejumlah riset secara konsisten menyebutkan bahwa akreditasi dapat meningkatkan performa organisasi, meningkatkan pendokumentasian klinis, proses pelayanan serta persepsi dan sikap para profesionalnya. Namun, akreditasi masih harus dapat memberikan bukti lebih banyak bahwa dia dapat meningkatkan outcomes klinis, partisipasi para klinisi, kepuasan dan pengalaman pasien, keselamatan pasien dan performa finansial.”

Direktur RSUD Kabupaten Teluk Wondama, dr. Yoce Kurniawan, Sp.S mengatakan, “Webinar ini baik sekali. Akan lebih baik lagi bila bisa interaktif. Dan kalau materi bisa diperoleh sebelumnya akan bisa lebih dimengerti, mengingat masih sering adanya gangguan jaringan.” Terkait isi webinar dr. Yoce menyatakan bahwa akreditasi Rumah Sakit sangat penting sebagai pedoman pelayanan kesehatan Rumah Sakit. “Kami akan berusaha memenuhi standar-standar yang ada dengan membuat rencana kerja yang mengakomodir pemenuhan standar-standar tersebut,” lanjut dr. Yoce.

“Ultimately the secret of quality is love. You have to love your patient, you have to love your profession, you have to love your God. If you have love, you can then work backward to monitor and improve the system” (Avedis Donabedian, in the last days of his life)

-DoVic 150120-

 

Link Materi:

  1. Dirjen Yankes Kemenkes

2. Prof Adi Utarini

3. Prof Nasronudin

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: