Jaga Jiwa Tetap Sehat Di Tengah Pandemi Covid-19!

Beruntung Fasilitas Karantina PIE Provinsi Papua Barat memiliki Tim Kesehatan Jiwa yang cukup handal, sehingga bukan hanya kesehatan fisik pasien yang diperhatikan, tetapi juga kesehatan psikisnya. Keberadaan Rinjani, S.Psi, M.Psi, relawan psikolog klinis yang bergabung di Fasilitas Karantina ini sangat memperkuat Tim Kesehatan Jiwa yang ada. Alumni Universitas 17 Agustus Surabaya tahun 2019 ini mengirimkan tulisannya di bawah ini.

-DoVic 160520-

Setelah kepulangan pasien Covid-19 (klik “Hore!! Tubuh Kami Telah Terbebas Dari Corona Virus”), tidak serta merta Fasilitas Karantina Penyakit Infeksi Emerging (PIE) Provinsi Papua Barat melepaskan pasien begitu saja. Tim Kesehatan Jiwa beserta psikolog mendatangi rumah pasien di kawasan Kodim Brawijaya, setelah satu hari berada dan tinggal di rumah. Tim Kesehatan Jiwa mengecek kesehatan jiwa pasien. Dalam hal ini, pasien sangat kooperatif demi menjaga kesehatan fisiologis dan psikologisnya. Pasien tetap tenang dengan menjalankan protokol dan instruksi dari pemerintah.

images (20)Pasien dianjurkan tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak ketika berkomunikasi dengan orang lain dan menjaga pola makan minum. Selain itu, secara psikologis pasien diharapkan dapat mengolah pikiran, mengolah rasa dan meminimalkan kecemasan. Tetap tenang, berfikir positif dan bersyukur, serta menghindari cemas yang berlebihan. Kecemasan merupakan hal yang bisa dirasakan ketika memikirkan apa yang dapat atau akan terjadi dalam situasi seperti saat ini. Buatlah diri sendiri tetap tenang dalam situasi sekarang ini dengan menikmati dan mensyukuri apa yang saat ini kita miliki serta yakin bahwa situasi ini akan berlalu. Batasi untuk mendapatkan informasi yang tidak diperlukan, perhatikan kualitas informasi yang diterima dan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar yang dapat menambah kecemasan.

Psikolog dalam bidang psikoneuroimunologi telah membuktikan bahwa keadaan mental berpengaruh terhadap kondisi fisik, salah satunya adalah kecemasan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kecemasan tidak dapat dihentikan, segera temui psikolog atau profesi lainnya, jangan ragu untuk meminta bantuan mereka. Semua dari kita harus membantu orang terdekat kita yang mengalami kecemasan dalam situasi sekarang ini, Fasilitas Karantina PIE Provinsi Papua Barat dalam hal ini Tim Kesehatan Jiwa siap membantu.

Semua dari kita harus memberikan dukungan terhadap saudara, teman, tetangga dan warga negara yang terinfeksi dan tidak mengucilkan atau memberi stigma negatif terhadap mereka. Dukungan sosial dan emosional terhadap mereka akan mempercepat penyembuhan. #salamsehatjiwa

Tim Keswa
Tim Kesehatan Jiwa Fasilitas Karantina PIE Provinsi Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: